Menyikapi Perayaan Hari Valentine Day

Seorang telah menulis dalam blognya seperti ini; “Ada beberapa pihak yang memandang valentine day adalah budaya orang barat yang tidak patut ditiru oleh orang timur. WHY...??? bukannya kasih sayang itu baik..??? apa salahnya kasih sayang..?? apa berarti orang timur tidak memiliki budaya kasih sayang?? aku pikir salah satu pemikiran yang salah kalau orang timur tidak memiliki budaya kasih sayang. ada yang berfikir valentine day adalah budaya seks bebas, valentine day berarti hari melepas keperawanan dan keperjakaan... WHAT??? pemikiran macam apa itu,, sepicik itukah pemikiran orang orang itu.?? seks atau bukan bukan dipengaruhi dari harinya... tapi dari pikiran dan nafsu bejat masing2... ndak usah nunggu valentine day juga banyak orang melakukan seks bebas dan melepas keperawanan dan keperjakaan., ada yg berfikiran valentine day adalah budaya orang kafir (maaf), saya muslim dan bagi rekan seagama saya yang berpikiran begitu saya minta maaf jika statement saya kali ini salah. agama saya mengajarkan kasih sayang.. jadi tidak ada salahnya kita ikut merayakan hari kasih sayang..” 

Sebuah komentar yang baik dari tulisan diatas ana Copy berbunyi seperti ini; “Yang mesti pertanyakan kalau benar hari kasih sayang kenapa namanya valentine? kenapa bukan full love day misalkan... (hari penuh cinta) apa arti kata valentine sebenarnya itu yg mesti ditelusuri lebih lanjut” 

Terbesit dalam hati untuk ikut berkomentar, namun ana akan berkomentar melalui tulisan ana. Semoga Allah senantiasa memberi petunjuk kepada kita semua. 

Valentine's Day atau asal muasal Hari Valentine. Menurut berbagai sumber on the net, ternyata hari valentine (hari kasih sayang) memiliki sejarah yang rancu. Dari semua asal usul atau sejarah bisa disimpulkan bahwa “hari valentine memiliki latar belakang yang tidak jelas sama sekali”, baik dari ceritanya maupun waktu terjadinya. 

Larangan ummat Islam untuk bertasyabbuh (meniru). Mari kita renungkan firman Allah s.w.t.: 
“Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36) Sabda Rasul: “Barangsiapa yang tasyabbuh dengan satu kaum, maka dia termasuk golongan mereka.” (HR. Abu Dawud didalam Sunannya dan lainnya) 

Dalam Islam juga diajarkan tentang kasih sayang. Bahkan dengan tegas Rasulullah saw bersabda: “Tidak beriman seseorang dari kalian hingga dia mencintai saudaranya seperti dia mencintai dirinya sendiri.” (HR. Bukhari-Muslim dari Anas ra). Dari Abu Hurairah juga ia berkata, Rasulullah saw bersabda: ”Janganlah saling hasud menghasud, saling benci membenci dan saling berpaling, serta janganlah seseorang diantara kamu menjual atas penjualan kawannya, tapi jadilah kamu sekalian bersaudara, hai hamba Allah. Seorang muslim itu saduara bagi muslim lainnya, tidak boleh menzaliminya, dan tidak boleh membiarkannya dalam keadaan terhina dan tidak boleh merendahkannya. Taqwa itu disini (sambil menunjuk kea rah dadanya sebanyak tiga kali). Cukup dinilai bertindak jahat, siapa yang merendahkan kawan muslimnya yang lain. Setiap muslim atas muslim lainnya adalah haram (terhormat) darahnya, hartanya dan kehormatannya.” (HR. Muslim). 

Namun bukan berarti kita harus mengikuti gaya mereka dalam mengungkapkan rasa kasih sayang kita. Dan secara jelas bahwa budaya valentine day itu adalah bukan dari budaya Islam. Dalam perayaan hari valentine day lebih dekat kepada hari perayaan seks. Pada moment valentine day penjualan kondom meningkat dibanding hari-hari biasa. Setidaknya seperti itulah yang diberitakan oleh media. 

Salah satu berita yang ana copy yang menjadi gambaran buat kita. Pontianak - Sebuah fenomena terjadi menjelang detik-detik Valentine day atau hari kasih sayang, karena penjualan kondom meningkat 500 persen, di Pontianak, Kalimantan Barat. Seorang apoteker, Erlin Sungkar, mengatakan, penjualan alat kontrasepsi dan pendeteksi kehamilan (test pack) meningkat drastis. "Penjualan meningkat semenjak pagi tadi, seperti penjualan di beberapa apotek di Kota Pontianak yang biasanya 50 pak sekarang bisa jadi 250 pak," kata Erlin kepada Rabu (13/2/2013). Menurutnya, fenomena tersebut kerap yang terjadi menjelang Valentine day dan Tahun Baru. Apotek yang yang paling banyak diserbu adalah yang lokasinya berdekatan dengan kampus dan tempat kos para pelajar SMP-SMA dan mahasiswa. "Miris juga melihatnya. Anak-anak kecil SMP-SMA yang beli dan sudah tidak malu-malu lagi," katanya miris. Selain banyaknya penjualan kondom, Erlin menambahkan satu bulan usai Hari Valentine, penjualan yang juga meningkat adalah penjualan test pack. "Nanti kita lihat satu bulan ke depan pasti tes pack yang meningkat pejualannya, dan memang seperti itu dari tahun ke tahun," pungkasnya. [001-Okezone, Foto Intisari/Google] 

Berita seperti diatas bukanlah sesuatu yang asing bagi kita, karena setiap tahunnya saat perayaan hari valentine day di hampir semua daerah seperti itu. 

Ingatlah sabda Rasulullah saw; “Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (Al-Israa’: 32) “Tidaklah seorang lelaki berduaan dengan seorang wanita kecuali yang ketiganya adalah setan.” (HR. At-Tirmidzi dan Ahmad) Jika telah ditemani oleh syaitan maka besar kemungkinannya akan tergoda oleh rayuan syaitan. Sekian…!!!

{ 0 Comment... Skip ke Box Comments }

 

NETWORKEDBLOGS

MITRA LINK

WIDGEO

    blog-jasri.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor

TUKAR LINK

SAHABAT

al-Ilmu Naafi' © 2012 | Template By Jasriman Sukri