Apakah Do'a Bisa Merubah Ketentuan?

Pertanyaan. Syaikh Muhammad bin Shalih Al-'Utsaimin ditanya : "Apakah do'a berpengaruh merubah apa yang telah tertulis untuk manusia sebelum kejadian?"

Jawaban. Tidak diragukan lagi bahwa do'a berpengaruh dalam merubah apa yang telah tertulis. Akan tetapi perubahan itupun sudah digariskan melalui do'a. Janganlah anda menyangka bila anda berdo'a, berarti meminta sesuatu yang belum tertulis, bahkan do'a anda telah tertulis dan apa yang terjadi karenanya juga tertulis. Oleh karena itu, kita menemukan seseorang yang mendo'akan orang sakit, kemudian sembuh, juga kisah kelompok sahabat yang diutus nabi singgah bertamu kepada suatu kaum. Akan tetapi kaum tersebut tidak mau menjamu mereka. Kemudian Allah mentakdirkan seekor ular menggigit tuan mereka. Lalu mereka mencari orang yang bisa membaca do'a kepadanya (supaya sembuh). Kemudian para sahabat mengajukan persyaratan upah tertentu untuk hal tersebut. Kemudian mereka (kaum) memberikan sepotong kambing. Maka berangkatlah seorang dari sahabat untuk membacakan Al-Fatihah untuknya. Maka hilanglah racun tersebut seperti onta terlepas dari teralinya. Maka bacaan do'a tersebut berpengaruh menyembuhkan orang yang sakit.

Dengan demikian, do'a mempunyai pengaruh, namun tidak merubah Qadar. Akan tetapi kesembuhan tersebut telah tertulis dengan lantaran do'a yang juga telah tertulis. Segala sesuatu terjadi karena Qadar Allah, begitu juga segala sebab mempunyai pengaruh terhadap musabab-nya dengan izin Allah. Maka semua sebab telah tertulis dan semua musabab juga telah tertulis.

[Disalin kitab Al-Qadha' wal Qadar edisi Indonesia Tanya Jawab Tentang Qadha dan Qadar, Penulis Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin', terbitan Pustaka At-Tibyan, penerjemah Abu Idris]

{ 5 Comment... Skip ke Box Comments }

Indah P said...

Pernah sy dengar do'a tidak serta merta langsung dikabulkan dan merubah ketentuan. tetapi akan di berikan di akhirat kelak. apa iya mas?

Miz Tia said...

doa itu penting dan optimis juga, berdoa dengan sungguh sungguh.. yakin bisa.
kalo aku sih gitu :)

oya makasih sharenya.. bermanfaat.

Indah P said...

Buku tamuku kena remove...hohohho, mk nya sy bikin baru tuh

Yoanns Yuana said...

tiada sorang berdoa kpd Allah dg suatu doa kecuali dikabulkanNya. dan dia memperoleh salah satu dari 3 hal; yaitu dipercepat terkabulkan doanya di dunia, disimpan (ditabung) untuknya di akhirat, atau diganti dengan mencegahnya dari musibah (bencana) yang serupa. (HR ath-Thabrani)

Searsir Beranda said...

ortu aku lagi sakit, tolong bantu doanya biar cepet sembuh ya. Makasih :)

searsir.blogspot.com

 

NETWORKEDBLOGS

MITRA LINK

WIDGEO

    blog-jasri.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor

TUKAR LINK

SAHABAT

al-Ilmu Naafi' © 2012 | Template By Jasriman Sukri