Tiap pom bensin memiliki kode depan masing-masing..dimana anda bisa mengetahuinya ? Berikut ini saya berikan tips buat isi di Pom Bensin yang bagus:
Pernah memperhatikan plang nama
besar saat menuju ke SPBU? Di wilayah Jakarta dan sekitarnya tertera huruf
31.XXXXX atau 34.XXXXX. itu bukan kode buntut. Huruf awal pertama menandakan kode
wilayah . Sedang angka kedua mengandung arti kepemilikan.
Kepala 3 berarti SPBU berdomisili di
Jakarta Jawa Barat, Banten dan sekitarnya. Kalo kepala 5 kayaknya Surabaya. Digit
kedua, jika angka 1 berarti kepemilikan Pertamina sendiri. Sedangkan angka 4 berarti
kepemilikan swasta atau dealer..jadi yang penting angka keduanya 1 gak masalah
berapapun angka pertamanya karena itu kode wilayah .
Karena, sebenarnya ada tiga kategori
SPBU. Pertama COCO alias corporate owner corporate operate, CODO yakni
corporate owner dealer operate. Terakhir DODO, dealer owner dealer operate. Ini
berdasar pada situs spbu.pertamina.com
Karena dikendalikan oleh pertamina,
maka kualitas SPBU model COCO dan CODO diyakini lebih baik dibanding DODO.
Tanpa bermaksud menyamaratakan, di sisi bisnis bisa dimengerti, karena ingin
cepat balik modal, pengusaha jadi berlaku curang. kalo saya sih nyaranin ngisi
bensin sebaiknya di SPBU yang milik Pertamina (angka keduanya 1) karena quality
control-nya cukup bagus.. saya denger2 juga dari supir taksi dan orang2 yang
telah pengalaman ngecek pas ngisi bensin katanya yang kode 31 (Angka Kedua
1)takarannya sesuai sedangkan yang 34 agak berbeda meskipun punya tanda
"PASTI PAS".
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34.
Menurut banyak orang juga kode pertamina 31 (Angka Kedua 1)ternyata paling baik(kualitas bensin) dibanding denanda yang kode 34.
cara buktiinya:
coba bagi anda yang menggunakan
mobil/ motor matic, pastinya akan terasa tarikan mobilnya .jika mengisi bensin
di pertamina dengan tanda kode 31 (Angka Kedua 1)akan terasa tarikan mobilnya
lebih kencang dan tidak terlalu kotor dibanding dengan tanda pom dengan tanda
kode lainnya
Coba anda bandingkan jumlah mobil/
motor yang ngisi bensin di pom bensin tersebut di pom bensin kode 31(Angka
Kedua 1) pasti sangat ramai sedangkan yang kode 34 agak cenderung sepi.. ini
udah saya buktikan sendiri.
Coba anda ngisi 1 Liter bensin di
Pom bensin 31 (Angka Kedua 1)dan pom bensin 34 bandingkan aja dari sisi
kualitas (mesin lebih enak) maupun kuantitasnya (yang mana yang lebih cepat
habis)..
Coba anda tanya sama supir angkot
atau supir taksi dimana pom bensin yang bagus, pasti sebagian besar mereka
jawab di pom bensin 31 (Angka Kedua 1)karena mereka juga banyak ngisi di pom
bensin 31
Kalo gak percaya bisa dibuktikan
sendiri anda...tapi gak semua 34 juga yang kaya begitu
2. TIAP ISI BENSIN MINTA KEPADA PETUGASNYA TUAS HANDLE SELANG JANGAN DITEKAN TAPI DILEPAS AJA WAKTU DITARUH DI TANGKI KITA
Pernah gak anda sewaktu ngisi
bensin, tuasa handle ditekan2 begitu sama petugasnya? pasti pernah lah
nemuinnya...kenapa begitu? karena banyak oknum yang nakal denanda cara
memainkan takaran bensin dengan tanda cara seperti itu sehingga jumlah bensin
yang kita isi lebih sedikit dari apa yang seharusnya..
Pengalaman saya ngisi di pom bensin
kode 31 (Angka Kedua 1), petugas gak pernah menekan-nekan tuas handle selang
sewaktu mengisi sedangkan di kode 34 liat aja deh...kalo anda sewaktu ngisi
bensin digituin, petugasnya ditegur aja..
3. ISILAH BENSIN WAKTU HARI MASIH
PAGI KETIKA TEMPERATUR TANAH MASIH DINGIN
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Ingat bahwa semua SPBU mempunyai tanki penyimpanan di bawah tanah.Semakin dingin tanahnya maka semakin padat/kental bahan bakarnya. Jika temperatur mulai panas/hangat, maka bahan bakarnya akan mengembang.
Jadi jika membeli bahan bakar pada
siang hari atau petang hari, sebenarnya bahan bakar yang diisikan ke dalam
tanki kendaraan anda jelas lebih sedikit dibanding jumlah liter yang anda
beli.Dalam bisnis perminyakan, gravity yang spesifik dan temperatur bensin,
diesel dan bahan bakar pesawat jet, ethanol dan produk minyak lainnya punya
peranan penting. Kenaikan 1 derajat merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam
business ini. Tetapi SPBU tidak memberikan anda rugi/kompensasi karena
temperatur
4. ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
4. ISI BENSIN SAAT TANKI KENDARAAN ANDA MASIH SETENGAH PENUH.
Alasannya adalah semakin banyak
bahan bakar yang ada di tanki kendaraan, maka semakin sedikit udara yang ada di
bagian tanki yang kosong. Bensin menguap lebih cepat dari pada yang bisa kita
bayangkan. Dalam bisnis perminyakan biasanya tanki penyimpanan bensin mempunyai
apa yang kita sebut atap yang mengapung (floating roof) yang berfungsi sebagai
clearance zero antara bensin dan atmosfer sehingga penguapannya bisa
dikurangi.,tetapi hal itu tidak terdapat di SPBU.
5. JANGAN ISI BENSIN JIKA ADA TRUK BAHAN BAKAR
SEDANG MENGISI TANKI PENYIMPANAN
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
Hampir pasti bensin/solar akan teraduk saat bahan bakar dipompakan dari truck ke tanki penyimpanan SPBU, dan kemungkinannya akan ada kotoran di dasar tanki penyimpanan yang teraduk naik dan terikut masuk ke tanki kendaraan anda.
{ 5 Comment... Skip ke Box Comments }
tips nya keren mas, ternyata ada trik khusus ketika memilih pom bensin utk mengisi bahan bakar
sangat membantu nih
mantap triknya.....
Post a Comment