UTSMAN BIN AFFAN

         Dia adalah ‘Utsman bin ‘Affan bin Abul ‘Ash bin ‘Umayyah bin Abdu Syams bin Abdu Msnaf,. Dia dipanggil Abu ‘Amr, juga Abu Abdullah. 
Dia dijuluki Dzu Nurain, karena dia satu-satunya laki-laki yang mengawini dua orang putri Nabi saw, juga karena dia mengkhatamkan Al Qur’an dalam shalat witir sehingga ia mendapat dua cahaya yaitu cahaya shalat dan cahaya cahaya qiyam al lail. Ada yang mengatakan setelah masuk surga bercahaya dua kilauan. Nasabnya bertemu dengan nasab Nabi saw pada Abdu Manaf.
Utsman bin Affan termasuk shahabat yang pertama masuk Islam atas ajakan Abu Bakar ra, bersama dengan Sa’ad bin Abi Waqqash, Abdurahman bin ‘Auf, ‘Utsman bin Affan, Thalhah bin ‘Ubaidillah, dan Zubair bin Awwam. Utsman juga termasuk shahabat Nabi saw yang dipersaksikan masuk surga oleh beliau di antara sepuluh sahabat lainnya.
Sebagian orang menuduh Utsman bin Affan pernah melarikan diri dari perang Uhud, tidak mengikuti perang Badar dan tidak mengikuti Bai’at al Ridwan. Di dalam hal tersebut Ibnu Umar menjelaskan, “Aku jelaskan kepadamu! Tentang dia melarikan diri dari perang Uhud, aku bersaksi bahwa Allah memaafkannya dan mengampuninya. Tentang dia tidak ikut perang Badar, karena putri Rasulullah saw, Ruqayyah –istri Utsman- sedang dalam keadaan sakit, maka Rasulullah saw memerintahkan kepadanya untuk tidak mengikuti perang bersama Usamah bin Zaid. Maka Rasulullah saw bersabda kepadanya, “Kau mendapat pahala orang yang menyaksikan perang Badar dan mendapatkan bagiannya”.
Nabi bersabda, “Barangsiapa mempersiapkan perlengkapan pasukan Al Usrah (Perang Tabuk0 maka baginya surga.” Maka Utsman mempersiapkan perlengkapan itu sebanyak seribu dinar. Dalam riwayat lain: dan dengan tiga ratus ekor onta.

{ 0 Comment... Skip ke Box Comments }

 

NETWORKEDBLOGS

MITRA LINK

WIDGEO

    blog-jasri.blogspot.com-Google pagerank,alexa rank,Competitor

TUKAR LINK

SAHABAT

al-Ilmu Naafi' © 2012 | Template By Jasriman Sukri